Nupho

Ponsel Bisa Membuat Popcorn?

Posted on: December 14, 2008

Beberapa website telah beredar video – video yang menayangkan bagaimana beberapa ponsel dapat membuat  biji-biji jagung menjadi popcorn. Dalam percobaan tersebut, digunakan 8 buah ponsel, beberapa bulir jagung, dan dilakukan oleh 4 orang.Pertama-tama, ponsel diletakkan berhadapan pada 4 arah di atas meja dengan arah berlawanan (utara, timur, selatan, barat). Beri jarak di tengah-tengah keempat ponsel untuk meletakkan beberapa bulir jagung.

Masing-masing orang dengan 4 ponsel lainnya menelpon secara bersamaan ke ponsel-ponsel yang ada di atas meja tersebut. Dalam 4 detik bulir jagung tersebut mulai berubah menjadi popcorn.

Ini memberi gambaran bahwa radiasi ponsel dapat mematangkan bulir-bulir jagung tersebut. Bagaimana jika bulir-bulir jagung tersebut adalah kita sedangkan ponsel-ponsel itu adalah menara-menara BTS yang mengelilingi kita? Samakah akibatnya?

Pertanyaannya adalah, “Mungkinkah itu terjadi?” Jawabnya adalah, ” Jelas tidak mungkin.”  Kita memerlukan ilmu fisika untuk membuktikan hal ini. Untuk  membuat popcorn bulir jagung harus dipanaskan , menggunakan minyak dengan suhu di atas 100 derajat celcius. Dan untuk memanaskan suhu minyak diperlukan kalor.Menurut Hukum Kekekalan Energi, Energi dapat berubah  ke bentuk yang lain tapi tidak dapat dimusnahkan.

Pada kasus di atas, untuk menaikkan suhu bulir jagung hingga menjadi popcorn , energinya pasti berasal dari gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh ponsel. Berapa besar Energinya?

Arus ketika ponsel bekerja kurang lebih 400 mA. Tegangan ponsel 3,7 Volt. Jadi daya = 400 x 3,7 mW. Untuk 1 detik dibutuhkan energi sebesar 400 x 3,7 mJ (mJoule).

Dari energi yang dihasilkan ponsel tidak semuanya menjadi selombang elektromagnetik, melainkan hanya sebagian saja.  Telah kita ketahui bahwa 1 mJ = 0,24 mili kalori. Jadi 400 x 3,7 mJ = 0,24 x 400 x 3,7 mJ = 355,2 mili kalori.

4 ponsel dalam 1 detik mengeluarkan energi sebesar 4 x 355,2 = 1420, 8 mili kalori. Energi sebesar itu digunakan untuk menaikkan suhu bulir jagung. Selama 4 detik, energi gelombang elektromagnetik yang dihasilkan 4 ponsel = 4 x 1,42 kalori = 5,68 kalori.

Untuk mengetahui berapa kalor yang dibutuhkan, kita memerlukan rumus ini : Q = m.c.(t2 – t1)

Q : Kalor yang dibutuhkan (kalori)
m :
Massa benda (gram)
c :
Kalor jenis (kalori/ g.C)
(t2 – t1) :
Perubahan suhu (C)

Karena kalor jenis biji popcorn tidak diketahui, maka anggap saja bahwa sedang menaikkan suhu 1 cc air  dengan kalor jenis air = 1 kalori/ g.C

Perubahan suhu yang terjadi untuk membuat popcorn dengan data di atas adalah 5,68 / 1×1 = 5, 58. Ternyata hanya 5,58 derajat celcius saja! Itu pun dengan catatan bahwa seluruh energi yang dipakai ponsel, semuanya dikonversikan menjadi energi gelombang elektromagnetik, dan dianggap seluruhnya diserap/ dikonversi menjadi kalor.

Jelas tidak mungkin kan?

Tabloid Pulsa

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: