Nupho

Bush Malah Bercanda Dilempari Sepatu..

Posted on: December 15, 2008

Presiden Bush mengedipkan matanya setelah dilempar sepatu oleh seorang warga Irak dalam acara konferensi pers

Presiden Bush mengedipkan matanya setelah dilempar sepatu oleh seorang warga Irak dalam acara konferensi pers

Dalam kunjungannya yang sangat dirahasiakan dan diwarnai oleh aksi pelemparan sepatu di Baghdad, Presiden George W Bush yang akan berakhir masa jabatannya pada bulan depan justru memuji perkembangan pertempuran yang dilancarkan oleh pasukan AS. “Ini adalah ciuman perpisahan, kamu anjing!” teriak seorang pelaku unjuk rasa dalam bahasa Arab.

Pelaku unjuk rasa yang melemparkan sepatunya ke arah Bush itu diketahui bernama Muntadar al-Zeidi, seorang koresponden Al-Baghdadia, televisi nasional Irak yang berbasis di Kairo, Mesir. “Ini untuk para janda, anak-anak yatim piatu, dan mereka yang tewas terbunuh di Irak,” ucap Muntadar al-Zeidi lantang untuk menjelaskan aksinya melempar dua buah sepatu ke arah Bush.

Bush berhasil menghindar dari sepatu yang melayang ke arah dirinya dengan menundukkan kepalanya. Kedua sepatu melintas di atas kepala Bush dan menghantam dinding yang dibelakangi oleh Presiden AS itu dengan suara cukup keras.

“Ukuran 10,” kata Bush dengan penuh canda mengomentari sepatu yang melayang ke arah dirinya itu. Komentar itu disampaikan Bush setelah Muntadar al-Zeidi melempar dua sepatu ke arah Presiden AS tersebut dari jarak sekitar 6 meter.

Pada lemparan sepatu pertama, Bush menunduk dan sepatu itu hampir menyentuh kepalanya. Bush kembali menundukkan kepala saat lemparan sepatu kedua yang berlangsung dengan cepat sebelum akhirnya wartawan itu dibawa ke luar ruangan oleh beberapa personel keamanan.

Bush berkunjung ke Ibu Kota Irak itu tepat 37 hari sebelum ia menyerahkan kebijakan perangnya kepada Barack Obama yang telah berjanji mengakhiri pertempuran tersebut. Bush berupaya menekankan penurunan aksi kekerasan dan merayakan kesepakatan keamanan yang dijalin oleh AS dan Irak belakangan. Kesepakatan itu menyerukan penarikan pasukan AS dari Irak menjelang akhir 2011.

“Perang belum usai,” kata Bush. “Perang ini sudah pasti menuju kemenangan.”

Bush kemudian melanjutkan perjalanannya ke Pangkalan Udara Bagram, Afganistan, untuk menemui lebih dari 1.000 personel pasukan AS dan asing. “Afganistan adalah sebuah negara yang secara dramatis berubah dibandingkan dengan delapan tahun lalu,” ucap Bush. “AS meraih kemajuan dalam pertempuran di sana.”

Hampir 150.000 tentara AS masih berada di Irak. Lebih dari 4.209 tentara AS tewas dan dana 576 miliar dollar AS telah dihabiskan sejak pertempuran di negara itu dimulai 5 tahun 9 bulan silam.

Di Afganistan, terdapat sekitar 31.000 tentara AS. Para komandan pasukan AS telah menyerukan penambahan pasukan hingga 20.000 lebih personel untuk menghadapi pertempuran yang cukup sulit, terutama di Afganistan selatan yang menjadi sarang Taliban. Tingkat kekerasan telah meningkat tajam di wilayah tersebut pada tahun ini.

Hasil beberapa jajak pendapat menunjukkan, sebagian besar warga AS yakin bahwa Pemerintah AS telah menyimpang dari target invasi ke Irak pada 2003. Bush mendeklarasikan perang melawan Pemimpin Irak Saddam Hussein dengan alasan bahwa negara di Timur Tengah itu menyimpan senjata pemusnah massal.

Namun, senjata pemusnah massal yang dimaksud tidak pernah ada sehingga intelijen AS didiskreditkan dan kredibilitas pemerintahan Bush tercoreng.

Kompas
Baca juga :
Presiden Bush Dilempar Sepatu
Pelempar Bush Disebut-Sebut Pahlawan..

Tags: ,

2 Responses to "Bush Malah Bercanda Dilempari Sepatu.."

[…] Baca juga: Bush Malah Bercanda Dilempari Sepatu.. […]

[…] Kompas Baca juga: Presiden Bush Dilempar Sepatu.. Bush Malah Bercanda Dilempari Sepatu.. […]

Leave a comment

Tanggal berapa?

December 2008
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Just Stats..

  • 20,589 clicks..


Just Another Information Lands..

Kompas
Softpedia
Cnet
ERA BARU
techcrunch
detikInet

Tribun Timur

Just The others..


Google Reader or Homepage Add to My Yahoo!Subscribe with Bloglines
Add to My AOL Subscribe in NewsGator Online
Add to Technorati Favorites!
About Blogging for Bloggers

BlogFam Community

Yahoo bot last visit Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net




Just My Blog's Traffic..

Blog's traffic