Nupho

10 Tips Akses Email Saat Bepergian..

Posted on: March 8, 2009

Bepergian apakah untuk tujuan bisnis maupun bersenang-senang memang akan membuat Anda menjauhi satu hal. Internet. Dilansir MSN, zaman sekarang ini, sudah bukan rahasia lagi jika internet adalah salah satu kebutuhan yang vital. Simak penelitian berikut.

Sebuah survei diadakan oleh sebuah lembaga asosiasi broadband bernama Bitkom dengan mengambil sampel usia antara 19-29 tahun. Dalam survei itu dijelaskan bahwa sekitar 84 persen di antara mereka lebih memilih internet atau ponsel ketimbang pasangan ataupun kendaraan mereka.

Bahkan, sekitar 97 persen dari responden itu menyatakan mereka tidak pernah berpikir untuk jauh dari ponsel mereka. Meski demikian presiden dari Bitkom August-Wilhelm Scheer menyatakan bahwa ini bukan berarti web adalah medium tak bernama yang kemudian mengantarkan ketidakcuhan sosial.

Bitkom juga menjelaskan, sekitar 1.000 orang yang disurvei, satu dari dua orang menyatakan membuat teman baru melalui forum chat dan komunitas internet. Sekitar delapan persen menyatakan menemukan pasangan baru secara online.
“Web menciptakan sebuah hubungan yang riil dan tidak membuat seseorang menjadi autisme dan kehilangan kemanusiaan,” kata Scheer sambil menambahkan jika dirinya nervous apabila tidak mendapatkan akses internet selama liburan,
Jika Anda mengalami hal yang sama dengan Scheer, tentu hal ini sangat menjengkelkan. Alih-alih mau liburan, ternyata pikiran Anda melayang terus ke email yang ingin dibaca. Berikut ini tips untuk tetap bisa mengakses email saat dalam perjalanan tetap melakukan kontak dengan keluarga, teman, dan juga kolega. Bahkan, mengabarkan kondisi melalui chatting yang ada di ponsel.(widyabuana)

Pilih Hotel yang Memiliki Internet
Kini, sudah banyak hotel atau motel yang memiliki akses internet. Namun, jika ingin mengakses internet dari kamar tentu harganya lebih mahal. Banyak hotel ataupun motel menawarkan akses internet termasuk harga kamar.
Ada beberapa hotel kelas bisnis yang menyediakan internet akses yang sangat cepat. Tanyakan saat melakukan reservasi kamar hotel.

Tinggalkan Laptop di Rumah
Meski Anda memiliki laptop namun ketika anda sudah mencari tahu lokasi di mana Anda akan bepergian dan tak ada akses internet, sebaiknya tinggalkan laptop di rumah. Lebih mudah mengakses email melalui warnet ketimbang mencari akses internet untuk laptop.
Bergantung ke warnet juga sangat menguntungkan jika sulit menemukan akses internet hotspot atau hotel dengan jaringan internet.
Satu keuntungan saat meninggalkan laptop di rumah, Anda mencegah kehilangan laptop selama dalam perjalanan.
Jangan coba-coba mengakses internet di suatu tempat tanpa menanyakan biayanya. Seringkali mereka menawarkannya namun ada beberapa yang memberikan biaya premium untuk itu. Jika Anda tak keberatan bisa mencobanya.

Email Dokumen Penting
Jika tak ingin disusahkan oleh email pekerjaan, sebaiknya email sejumlah dokumen penting sebelum bepergian atau liburan. Email bukan hanya sekedar alat komunikasi. Jika tidak membawa laptop, Anda bisa menggunakan email untuk mengirim beberapa dokumen penting ke diri Anda sendiri yang ingin dibaca atau sedang dikerjakan saat bepergian.
Setelah itu, Anda bisa mengakses dokumen itu di warnet. Opsi lain, jika file dokumen yang dikirim sangat besar, gunakan media penyimpanan online dan tentu saja harus daftar dulu. Kebanyakan, media penyimpanan online menyediakan satu GB untuk penyimpanan gratis.

Isi Waktu Luang
Menghabiskan waktu di atas pesawat memang terkadang menjengkelkan namun tidak ada alasan untuk tak produktif hanya karena tidak memiliki akses untuk internet. Ambil kesempatan dengan membuat email balasan serta sejumlah email lain yang sudah anda baca sebelumnya namun tak memiliki kesempatan untuk membacanya.
Memang Anda tak bisa mengirim email tetapi masih bisa membaca dan menyimpan email yang sudah dibuat ketika offline.

Gunakan Webmail
Jika menggunakan layanan email seperti Windows Live Hotmail, Anda dapat mengirim dan menerima email menggunakan komputer orang lain tanpa perlu membawa mobile PC saat bepergian. Bahkan bisa tetap mengakses sejumlah email melalui ponsel pintar seperti Blackberry atau ponsel yang mendukung fasilitas Java dan internet sudah diaktifkan. Ini malah lebih memudahkan karena ketika Anda dalam perjalanan bis, misalnya, tidak membutuhkan tempat yang luas.

Membawa Laptop
Jika melakukan perjalanan bisnis maka kesempatan untuk membawa mobile PC pun semakin besar. Dalam kasus ini, Anda dapat menggunakan program fitur seperti Windows Live Mail atau Windows Mail.
Program ini memungkinkan Anda menyimpan seluruh pesan di PC sehingga bisa membaca semua pesan yang sudah diunduh dan tempat bisa membuat email baru meski tidak mendapatkan jaringan internet. Windows Mail terdapat di Windows Vista. Untuk mengunduh Windows Live Mail, segera ke situs Windows Live Mail.
Ketika memiliki komputer atau laptop, tentu saja ada bonus lain untuk bisa mengecek email di dalam kamar hotel dengan memiliki asumsi bahwa hotel menyediakan layanan akses internet.
Untuk Indonesia, dengan jaringan GPRS, seseorang bisa membaca email dengan hanya menggunakan ponsel yang memiliki fasilitas Java dan biasanya untuk mengunduh menggunakan hitungan kilobyte (KB).

Buat Email Saat Offline
Buatlah email saat merasa terinspirasi meskipun tidak terhubungan dengan internet. Jika Anda memiliki laptop, ambil kesempatan untuk membaca email yang sudah diunduh dan membuat serta membalas email.
Tidak seperti email berbasis web, program seperti Windows Mail dan Windows Live Mail bisa menyimpan pesan di hard disk ketimbang di web. Jadi, suatu saat terkoneksi dengan intrenet, Anda bisa segera mengunduh email baru dan mengirim pesan yang sudah dibuat sebelumnya. (wid)

Mencari Warnet
Jika Anda melakukan perjalanan tanpa mobile PC dan ponsel tidak memiliki akses internet, Anda harus mencari warnet untuk mengecek email. Jangan sampai menunggu. Mungkin saja ada email bisnis yang harus segera Anda baca.
Tergantung di mana Anda melakukan perjalanan, ada beberapa tempat yang menyediakan akses internet tetapi tidak ada komputer yang bisa digunakan.
Tanyakan pada orang-orang yang ada di sekitar Anda apakah itu petugas hotel, staf maskapai penerbangan, dan tempat lain yang sekiranya memiliki informasi seperti itu.

Info Lokasi Warnet
Jika ingin mengecek email selama dalam perjalanan, buatlah daftar dari warnet yang ada di sekitar tempat di mana anda melakukan perjalanan. Ini sangat penting untuk mengetahui titik-titik mana saja yang memiliki akses internet.
Sejumlah situs menyediakan daftar dari warnet yang ada di seluruh dunia. Buatlah persiapan sematang mungkin dengan memeriksa lokasi tersebut. Bahkan, kapal layar pun memiliki akses internet.

Temukan lokasi Hotspot
Ada banyak tempat yang menyediakan akses internet tanpa kabel seperti di bandara, beberapa kafe, restauran. Biasanya, akses internet tanpa kabel ini tak menyediakan komputer di tempat, jadi pastikan laptop ada bersama Anda. Anda bisa segera membuka dan membaca email menggunakan laptop dan biasanya mereka tidak memberikan bayaran untuk akses hotspot ini.
Windows Vista membuat mudah untuk segera terkoneksi dengan jaringan tanpa kabel. Pada umumnya laptop sudah memiliki port untuk akses internet tanpa kabel.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: